AdvertorialSulawesi Barat

Gubernur Sulbar Hadiri Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 Via Virtual

×

Gubernur Sulbar Hadiri Rakernas Pembangunan Pertanian 2021 Via Virtual

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menghadiri rapat kerja nasional (rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 secara virtual di Ruang Oval lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar, Senin 11 Januari 2021.

Pembukaan Rakernas yang diselenggarakan di Istana Negara Jakarta, diresmikan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Rakernas mengusung tema”memperkuat sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid- 19.

Presiden Joko Widodo mengatakan, yang dibutuhkan oleh Indonesia ialah membangun sebuah kawasan pertanian berskala ekonomi besar, termasuk salah satunya lumbung pangan baru.

“Diperlukan peningkatan skala ekonomi sehingga para petani yang nantinya terhimpun dalam kelompok tani besar memiliki nilai tukar petani yang lebih besar, sekaligus meningkatkan jumlah produksi. Kalau harga tidak kompetitif ya akan sulit kita bersaing, sehingga sekali lagi ini harus dibangun dalam sebuah lahan yang sangat luas,”tandas Jokowi

Baca juga:  Malam Pisah Sambut Kapolda Sulbar, Begini Pesan Gubernur Ali Baal

Jokowi menuturkan, peningkatan skala ekonomi dan penerapan teknologi pertanian merupakan langkah utama pembangunan pertanian nasional yang harus segera ditempuh. Dengan cara itu maka biaya produksi dapat menjadi lebih murah sehingga menimbulkan harga yang kompetitif dari produksi komoditas pertanian nasional.

“Skala luas dan teknologi pertanian dipakai betul. Itulah cara-cara pembangunan pertanian yang harus kita tuju, sehingga harga pokok produksinya nanti bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara-negara lain. Pembangunan pertanian tidak bisa dilakukan dengan cara yang konvensional, namun harus dilakukan dengan terobosan serta inovasi yang bisa mendongkrak pertumbuhan pertanian berkelanjutan,” jelasnya.

Example 300250