MajeneMamujuSulawesi Barat

Tanggap Darurat Berakhir, Sulbar Masuki Fase Transisi Pemulihan

×

Tanggap Darurat Berakhir, Sulbar Masuki Fase Transisi Pemulihan

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com – Masa tanggap darurat pasca bencana alam gempa bumi Sulbar 6,2 magnitudo berakhir 4 Fenruari 2021.

Dansatgas Brigjen TNI Firman Dahlan bersama Wadansatgas Sekprov Muhammad Idris melakukan rapat evaluasi perkembangan bencana gempa bumi Sulbar di Posko Induk Kantor Gubernur Sulbar, Rabu malam 03 Februari 2021.

Firman menyampaikan, dengan berakhirnya masa tanggap darurat pada 4 Februari 2021 pihaknya menunggu instruksi perpanjangan tim satgas dari Gubernur Sulbar dan segala unsur termasuk berbagai fasilitas dukungan pasca bencana alam gempa bumi tersebut .

“Kami dari TNI dan Polri siap membantu,” kata Firman Dahlan.

Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar,  Muhammad Idris mengungkapkan perasaannya dalam rapat evaluasi. Dengan berakhirnya masa tanggap darurat sekaligus menjadi akhir kebersamaan dengan pihak TNI dalam hal ini Danrem dan jajarannya yang selama ini telah banyak membantu.

Baca juga:  DPRD Sulbar Pantau Kesiapsiagaan RSUD Sulbar Hadapi Covid-19

“Saya justru agak sedih ini kalau Pak Danrem  mengulang-ulang ini. Kita sudah mau berakhir ya, karena rasanya sebagian besar dimotori oleh  seragam hijau. Tapi justru kami rasakan ini kebersamaan, dalam tanggap darurat ini menjadi hal yang sangat kami rasakan karena melakukan transformasi belajar untuk kantor darurat dalam situasi bencana,” beber Indris

Lebih lanjut dikemukakan Idris, Sulbar merupakan salah satu  daerah  yang telah ditetapkan sebagai daerah rawan bencana,   sehingga sebagai harapan bersama diharapkan tidak terjadi lagi bencana alam susulan

“Terkait keputusan tentang berakhirnya status tanggap darurat dan dialihkan  dengan istilah Posko transisi Pemulihan bencana. Hal tersebut telah dibahas secara mendalam sesuai pertimbangan hasil rapat bersama para pimpinan di lingkup Pemprov Sulbar. Dari pertimbangan-pertimbangan itu, hasilnya akan dilaporkan ke Gubernur. Dan saat ini, alternatif untuk kita bergeser ke fase transisi darurat ke pemulihan sesuai dengan ketentuan yang ada, berdasarkan kebijakan pengelolaan bencana di Indonesia. Tanggap darurat berakhir, kita beralih ke fase transisi darurat ke pemulihan,” ujar Idris.(*)

Baca juga:  Muhammad Idris Pimpin Rakor Sinkronisasi Antar Satuan Pendidikan Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar

 

Example 300250