Mamuju

Terapkan Prokes Covid-19, BI Sulbar Gelar Pertemuan Tahunan

×

Terapkan Prokes Covid-19, BI Sulbar Gelar Pertemuan Tahunan

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) dengan tema “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”.

Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Hotel D’Maleo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta disiarkan langsung secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting dan Youtube BI Sulbar Channel, Kamis, 3 Desember 2020.

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) merupakan wadah bagi Bank Indonesia untuk memberikan rekomendasi kebijakan, serta mengkomunikasikan hasil analisis dari kebijakan tersebut kepada Pemerintah Daerah.

Selain itu, acara ini juga merupakan salah satu agenda strategis tahunan Bank Indonesia untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan pandangan mengenai kondisi perekonomian terkini dan tantangan serta arah kebijakan Bank Indonesia kepada para stakeholders.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat, para Bupati di Wilayah Sulawesi Barat, Pimpinan Instansi Vertikal di Sulawesi Barat, Kepala Dinas/Badan/Bagian se-Sulawesi Barat, Pimpinan Perbankan dan Korporasi, Akademisi, Pimpinan Media di Sulawesi Barat, serta hadirin virtual pada aplikasi Zoom Meeting dan Youtube.

Acara ini dibagi menjadi 3 (tiga) rangkaian acara utama, yaitu Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat yang juga dimeriahkan oleh salah satu Musisi Papan Atas Indonesia, Yura Yunita; Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Kantor Pusat yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Pimpinan dan Anggota DPR & DPD Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua dan Anggota Dewan Komisioner OJK & LPS, Para Kepala Daerah dari seluruh Indonesia, dan Para Pimpinan Perbankan, Korporasi, serta Media Nasional; dan Penutupan Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat.

Pada sesi yang pertama, kegiatan dimulai dengan penayangan Kaleidoskop Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat yang menjelaskan perjalanan dan kontribusi Bank Indonesia selama 5 (lima) tahun berada di Sulawesi Barat.

Setelah penayangan video selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan BI Award Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat kepada 12 Pemenang yang telah berkolaborasi dan berkontribusi aktif dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat pada 8 Kategori Penghargaan .

Baca juga:  KPK Instruksikan Inspektorat Mamuju Monev Aset Seluruh OPD, Begini Tanggapan Aktivis Anti Korupsi

Pada sesi ini juga dilakukan penyerahan hadiah secara simbolis kepada Pemenang Kompetisi Karya Ekonomi Sulawesi Barat (KKE-Sulbar) yang berlokasi di Sulawesi Barat (Daftar Terlampir).

Kompetisi Karya Ekonomi Sulawesi Barat merupakan sebuah kompetisi bisnis yang diikuti oleh peserta yang berasal dari Sulawesi, Maluku, Papua dengan tujuan untuk mendapatkan inovasi bisnis yang dapat diimplementasikan di Sulawesi Barat serta memberikan bantuan dan pembinaan kepada para UMKM sebagai wujud nyata peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM di Sulawesi Barat.

Setelah itu, akhir dari sesi ini ditutup dengan penampilan refreshment dari Yura Yunita kepada seluruh hadirin sebelum acara dilanjutkan ke sesi selanjutnya.

Kemudian pada sesi Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Kantor Pusat Bank Indonesia, kegiatan diawali dengan penayangan video kaleidoskop Bank Indonesia serta pemberian BI Award dalam skala nasional kepada para pemenang yang kemudian dilanjutkan dengan pidato Gubernur Bank Indonesia dan Presiden Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan tentang Keadaan Ekonomi Indonesia selama Pandemi Covid-19, Prospek Ekonomi Indonesia ke Depan, dan Arah Kebijakan Bank Indonesia. Saat ini, perekonomian Indonesia sedang membaik imbas dari perbaikan ekonomi global setelah hantaman dari Covid-19.

Selain itu, Perekonomian Indonesia juga akan diprediksi terus tumbuh positif dengan mulai ditemukannya vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dalam memperkuat sinergi membangun optimisme pemulihan ekonomi, Bank Indonesia akan menerapkan 5 (lima) kebijakan, yaitu Pembukaan Sektor Produktif dan Aman, Percepatan Realisasi Stimulus Fiskal, Peningkatan Kredit/Pembiayaan kepada Dunia Usaha, Keberlanjutan Stimulus Moneter dan Makroprudensial, dan Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan, khususnya UMKM.

Usai Pidato Gubernur Bank Indonesia, acara dilanjutkan dengan Penyampaian Pidato oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam kesempatan ini Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia sedang dalam tahap pemulihan dan akan terus membaik ke depannya.

Baca juga:  Aman dan Halal, Vaksinasi Covid-19 Polresta Mamuju Wajib Screening

Berbagai Kebijakan telah diterapkan oleh Pemerintah untuk terus mendorong perekonomian menjadi lebih baik. Akhir kata, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen di seluruh sektor untuk terus bekerja sama dan bergerak cepat tanpa menjunjung egosektoral atau lembaga demi mengatasi masalah yang ada untuk menciptakan perekonomian yang lebih baik.

Setelah live streaming Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Kantor Pusat, acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat dan pidato Gubernur Provinsi Sulawesi Barat. Pada kesempatan kali ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat membahas tentang kondisi makroekonomi tahun 2020, prospek ekonomi tahun 2021, dan arah kebijakan Bank Indonesia di Sulawesi Barat. Pada bagian kondisi makroekonomi tahun 2020 dijelaskan bahwa terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat dari 5,66% pada tahun 2019 menjadi -0,56%(ctc) pada triwulan III tahun 2020.

Penurunan paling besar diakibatkan oleh penurunan pada sektor Konsumsi Rumah Tangga, Pertanian, dan Ekspor. Namun, pada prospek ekonomi tahun 2021, perekonomian Sulawesi Barat diprediksi tumbuh pada angka 4%-6%(yoy). Dalam proses perbaikan ekonomi di Sulawesi Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia berkontribusi melalui 4 (empat) kegiatan utama, yaitu Penyusunan Rekomendasi Kebijakan, Pengembangan UMKM, Implementasi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, dan Pengembangan Klaster Komoditas Volatile Food di Sulawesi Barat. Selain itu, Bank Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait untuk menciptakan pola kerja kreatif demi tercapainya target pembangunan Sulawesi Barat yang Maju dan Malaqbi.

Terakhir, acara ditutup dengan pidato Gubernur Sulawesi Barat yang memuji kontribusi dan kolaborasi Bank Indonesia di Sulawesi Barat dan mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam pembangunan ekonomi di Sulawesi Barat.(*)

Example 300250