AdvertorialPU Makassar

DPRD Gorontalo Bertandang ke PU Makassar Sharing Pengelolaan IPAL Komunal

×

DPRD Gorontalo Bertandang ke PU Makassar Sharing Pengelolaan IPAL Komunal

Sebarkan artikel ini

Makassar, Beritaini.com – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo bertandang ke Dinas PU kota Makassar, Rabu 21 Oktober 2020.

Kedatangan DPRD Gorontalo diterima oleh Kepala Seksi Sanitasi dan Air Bersih, Nuraeni Bakiman, dihadiri Kepala UPT PAL Kerlinus B,

Rombongan DPRD Gorontalo dipimpin Ketua Komisi C, Siadauri Dj Kinga, SE, beranggotakan 5 orang dan staf Sekretariat DPRD Gorontalo.

Maksud kunjungan ini untuk melakukan sharing informasi mengenai pengelolaan IPAL Komunal.

Di Kota Gorontalo, sudah ada terbangun beberapa titik IPAL Komunal, tetapi dari segi pemanfaatan belum maksimal. Dimana sebagian masyarat belum mengetahui dampak air limbah terhadap lingkungan sekitar.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan sharing dan masukan pengelolaan IPAL komunal di Kab. Gorontalo nantinya.

Baca juga:  Pejabat Struktural Dinas PU Makassar Uji Calon Laskar Pelangi Ahli Teknik

Pihak Dinas PU Makassar menjelaskan, bahwa di Kota Makassar sendiri sistem pengolahan air limbah ada IPLT, sementara ini progres pembangunan jaringan perpipaan IPAL Losari dengan Skala Kota, untuk IPAL komunal sudah terbangun kurang lebih 150 titik tersebar di beberapa kelurahan.

Pada Dinas PU untuk Pembangunan Fisik di Bidang sedangkan untuk pengelolaan pasca konstruksi oleh UPT PAL, sehingga untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatannya dilakukan sosialisasi berkala oleh UPT PAL terkait bagaimana pengelolaan air limbah dimasyarakat, termasuk operasional dan pemeliharaannya.

Untuk itu dengan terbentuknya unit teknis pengelola (UPT) diharapkan pengelolaan air limbah pasca konstruksi tetap terjaga keberlanjutannya dengan adanya monitoring, O & M, pembinaan dan sosialisasi terkait pengelolaan air limbah domestik

Example 300250