TOP CSR Of The Year, Perusahaan-perusahaan dengan Implementasi Aksi Sosial Terbaik Tahun 2022

beritaini.com - Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat atau lingkungan, lebih dari itu, tanggung jawab itu merupakan sebuah bentuk timbal balik yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri. Di mana dengan memberikan dampak positif kepada masyarakat, lingkungan, dan stakeholder, akan menciptakan sustainability atau keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang, yang tentunya memiliki nilai lain dari keuntungan atau profitabilitas.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID memaparkan, setiap tahunnya INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia mengamati banyak perusahaan baik skala besar hingga perusahaan kecil, dan menengah, turut andil dalam melakukan kegiatan CSR dengan harapan dapat memberikan dampak keberlanjutan bagi perusahaan.

Menurut Susilowati Ningsih, aksi korporasi tersebut tentunya akan membawa pengaruh positif bagi reputasi dan penilaian masyarakat serta stakeholder terhadap perusahaan secara umum. “Persepsi masyarakat terhadap kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan atau brand tentunya akan membangun ikatan yang lebih kuat antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut Susilowati Ningsih mengatakan, sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan CSR perusahaan, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan TOP Corporate Social Responsibility of The Year 2022, apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan program CSR di Indonesia berdasarkan tiga parameter CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value.

“Tujuan dari penyelenggaraan ini diharapkan menjadi bukti dari pengukuhan atas aktivitas CSR yang dilakukan oleh perusahaan sepanjang satu tahun terakhir. Penghargaan yang diterima perusahaan juga diharapkan dapat mendorong citra positif dan reputasi perusahaan. Penghargaan ini juga diharapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk terus berkomitmen dalam menjalankan aktivitas CSR,” ujar Susilowati Ningsih.

Baca juga:  Pelopor Dana CSR, PT Lakawan Terima Penghargaan BPJAMSOSTEK Sulbar

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia mengungkapkan, TOP Corporate Social Responsibility of The Year 2022 ditentukan berdasarkan penilaian Top CSR Index yang dilakukan pada bulan Maret – Mei 2022, terhadap lebih dari 300 perusahaan di Indonesia. Data untuk penilaian berdasarkan kegiatan CSR sepanjang satu tahun terkahir melalui laporan keberlanjutan perusahaan tahun 2021 yang telah terpublikasi, data kegiatan CSR diberbagai media online dan website resmi perusahaan serta mengacu pada tiga parameter penilaian yaitu;

CSR Concept, menilai konsep kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan mengacu dari data yang dipublikasikan. CSR Impact, menilai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan memberikan impact positif bagi masyarakat dilihat dari jumlah penerima manfaat dan bentuk donasi yang dilakukan. CSR Donation Value, mengukur jumlah donasi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Lebih lanjut Tri Raharjo mengungkapkan, ada temuan menarik dari penyelenggaraan dua tahun terakhir, dimana pada tahun 2021 lalu, dari total 100 perusahaan pemenang Top Corporate Social Responsibility of The Year 2021, ada 6 fokus kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Dimana yang mendominasi yaitu; Bantuan Kesehatan mendominasi dengan 26,38%, kemudian disusul Bantuan Sosial Masyarakat dengan 26,37%, Bantuan Lingkungan dengan 22,10%, Bantuan Bencana Alam dengan 13,50%, Bantuan Pendidikan dengan 6,13% dan Pemberdayaan Ekonomi (UMKM) dengan 5,52%.

Baca juga:  Ngopi Bareng, ABM Bicara Apa Adanya

Namun pada penyelenggaraan TOP CSR OF THE YEAR tahun 2022 kali ini terjadi perubahan yang cukup signifikan dimana perusahaan lebih fokus terhadap Bantuan Sosial Masyarakat yang mendominasi dengan 26,62%, disusul Bantuan Kesehatan dan Bantuan Pendidikan dengan 18,63%, Bantuan Lingkungan dengan 14,45%, Pemberdayaan Ekonomi (UMKM) dengan 11,41% dan terakhir Bantuan Bencana Alam dengan 10,27%.

“Dari data tersebut, mengindikasikan ketika kasus Covid-19 mulai melandai, ketika pemerintah mulai mengendurkan kebijakan PPKM, perusahaan lebih dominan menyalurkan dana CSR-nya untuk kegiatan Sosial Kemasyarakatan baru kemudian untuk bidang-bidang lainnya,” jelas Tri Raharjo.

Sementara untuk para peraih Top Corporate Social Responsibility of The Year 2022 dari 100 pemenang di antaranya; PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Kalla Group, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Signify Commercial Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT PP (Persero) Tbk, PT Avia Avia Tbk, PT Semen Gresik, PT Pembangkitan Jawa Bali, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dan lain sebagainya.(***)

banner 454x122