Internasional

Limbah Sampah Gunung Everest Capai 8,5 Ton

×

Limbah Sampah Gunung Everest Capai 8,5 Ton

Sebarkan artikel ini

Beijing, Beritaini.com – Limbah sampah dari pengunjung Gunung Evrest mencapai sekira 8,5 ton sejak April 2018. China turun tangan untuk membersihkan limbah dari pengunjung, yang semakin banyak, demikian dilansir surat kabar Global Times, (01/06).

Gunung tertinggi di dunia yang terletak antara Tibet dan Nepal tersebut, dikunjungi pendaki gunung dari berbagai belahan dunia dan meninggalkan berton-ton sampah setiap tahun, kutip Reuters.

Kelompok beranggotakan 30 orang dari Tibet membersihkan sekira 5,2 ton limbah rumah tangga, 2,3 ton kotoran manusia, dan satu ton sampah sisa peralatan pendakian.

Sepanjang musim pendakian tahun lalu, yang biasanya terjadi pada Maret hingga Mei, sebanyak 202 orang memulai dari sisi Tibet, sementara 446 orang lainnya dari sisi Nepal.

Baca juga:  Suara Biden Lampaui Batas Minimal Elektoral, Kamala Harris Wapres Perempuan Pertama Amerika

Sementara itu, ribuan wisatawan mengunjungi berbagai perkemahan kaki gunung dari kedua sisi tersebut. Iklim global yang semakin memanas telah mencairkan sampah beku yang ditinggalkan para pendaki selama beberapa dekade sehingga memunculkan kekhawatiran lingkungan di Nepal, India, dan China.

Sejak 2015, otoritas di Tibet selalu memberikan dua kantung sampah kepada setiap pendaki untuk membawa pulang sampah seberat delapan kilogram, dan mengenakan denda sebesar100 dolar Amerika Serikat (AS) kepada setiap pendaki yang tidak memenuhi syarat tersebut.

Nepal sudah menerapkan aturan serupa sejak 2014. China berencana membangun toilet ramah lingkungan dan sejumlah sarana pengumpulan sampah di Gunung Everest, ungkap kantor berita Xinhua.

Beijing juga berencana menggelar pemeriksaan lebih jauh pada awal tahun depan, menurut sebuah surat kabar “People`s Daily”, milik Partai Komunis di negara itu.

Baca juga:  Trump Takut Boikot Impor Semiconductor AS ke China Jadi Bumerang

Pejabat di Tebet berjanji menyelesaikan 45 pembangunan untuk pembersihan sebelum 2020 kata kementerian lingkungan hidup China pada pekan lalu.(*)

 

Example 300250