Makassar

Patut Diacungi Jempol, IYL Komitmen Tentang Kemanusiaan

×

Patut Diacungi Jempol, IYL Komitmen Tentang Kemanusiaan

Sebarkan artikel ini

BERITAINI. Makassar – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) layak diacungkan jempol. Seolah tak mengenal kata lelah untuk kerja kemanusiaan, mantan Bupati Gowa ini kembali bertandang ke Tana Toraja, Senin (22/05/17) hari ini.

Padahal, Punggawa, sebutan untuk IYL baru saja menjalani ujian proposal penelitian doktornya di Fakultas Hukum Unhas yang diyakini “memeras” otaknya dalam meyakinkan para guru besar yang menjadi tim pengujinya. Ditambah lagi, selama beberapa hari terakhir, ia fokus menyiapkan bahan proposalnya.

Meski demikian, IYL tidak menjadikan alasan itu untuk menunda atau mengabaikan tugas mulianya di organisasi kemanusiaan dan kebencanaan yang sudah terjadwal itu demi urusan akademiknya.

Baca juga:  Aduan Warga ke Dinas PU Makassar Direspon PUTR Pemprov Sulsel

Di kabupaten termuda di Sulawesi Selatan ini, Punggawa akan melantik pengurus PMI Toraja Utara Periode 2017-2022, Selasa (23/05/17) besok. Organisasi yang identik dengan warna putih dan merah ini diketuai langsung Bupati Torut, Kalatiku Paembonan di tingkat kabupaten.

Sekretaris PMI Sulsel, Lutfi Kadir mengatakan, IYL sejak dulu memang sudah mengagendakan untuk melantik langsung pengurus PMI Torut. “Meskipun pekan lalu, Pak Ketua (IYL) sudah melantik pengurus PMI Tana Toraja. Tapi beliau tetap bersedia meluangkan waktu lagi ke Toraja melantik kepengurusan baru di Toraja Utara,” kata Lutfi, Senin (22/05/17).

Berdasarkan pantauan, di setiap kegiatan pelantikan pengurus PMI di kabupaten, tokoh peduli pendidikan dan kemanusiaan ini selalu mewanti-wanti agar kegiatan tersebut tidak dikaitkan dengan agenda politik. Mengingat, di organisasi ini semua bisa berbaur tanpa ada sekat.

Baca juga:  Stok Darah Menipis di PMI, Polda Sulbar Gelar Donor Darah

Di samping itu, Ichsan yang juga tercatat sebagai kepala daerah pertama yang menerapkan perda pendidikan gratis di Indonesia, selalu menekankan jika mengabdi di organisasi kemanusiaan selalu ada kepuasan tersendiri.

“Jujur saja, selama menjadi ketua di PMI selalu saya rasakan ada kebahagiaan tak ternilai dalam mengabdi mejalankan kerja-kerja kemanusiaan,” kata Ichsan kala memberi sambutan di pelantikan pengurus PMI Tana Toraja, pekan lalu.(**)

 

 

Example 300250