Makassar

Pertama di Indonesia, Makassar Survey Kekebalan Tubuh dengan Sampel Darah

×

Pertama di Indonesia, Makassar Survey Kekebalan Tubuh dengan Sampel Darah

Sebarkan artikel ini

Makassar, Beritaini.com – Pemerintah Kota Makassar gandeng lembaga survey independen untuk mengukur tingkat kekebalan tubuh warga kota Makassar mulai dari tingkat kecamatan hingga di tingkat RT/RW.

Hal tersebut diutarakan Walikota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto saat memimpin rapat koordinasi bersama master Covid sekota Makassar. Di ruang rapat Sipakalebbi, Rabu 23 Juni 2021.

“Saat ini kita akan mengukur kekebalan tubuh warga kota Makassar dengan mengambil sample darah. Kita akan turun mengambil sampel darah 1.350 ribu orang hingga tingkat RT/RW,’ kata Danny yang didampingi Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi.

Untuk itu Danny menawarkan dirinya bersama Wawali Fatmawati bersedia lebih dulu untuk menjadi contoh diambil sample darahnya.

Baca juga:  Inkanas Sulsel Ujian Kenaikan Sabuk di Karebosi

“Sebaiknya kami berdua dulu diambil contoh darahnya, ini sangat penting, karena hal ini merupakan yang pertama di Indonesia untuk mengukur kekebalan tubuh kita,” kata Danny.

Menurut Danny, hasil survei nantinya akan dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan untuk penanganan Covid 19 selanjutnya.

“Jika memenuhi indikator sesuai instrument yang dijalankan, bisa saja masyarakat dapat beraktivitas dengan normal lagi,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Celebes Research Center (CRC) Herman Heizer mengatakan, basicnya adalah survey yang mewakili jumlah populasi warga di kota Makassar. Untuk itu pihaknya meminta dukungan penuh dari pemerintah kota Makassar agar dalam pelaksanaannya tidak menemui kendala saat survey.

“Kita butuh dukungan tehnik dari pemerintah kota supaya bisa berjalan lancar, dengan pendekatan kebudayaan memberi penjelasan dan pendekatan sehingga tidak menghambat proses berjalannya pengambilan sampel darah,” terangnya.

Example 300250