Makassar

Teknologi SWRO Layani Warga Barang Caddi

×

Teknologi SWRO Layani Warga Barang Caddi

Sebarkan artikel ini

Makassar, Beritaini.com – Warga di Pulau Barang Caddi, kecamatan Sangkarrang kini merasa lega karena sudah dapat menikmati teknolgi Air Siap Minum (Arsinum) untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini berkat dibangunnya teknologi Sea Water Reserve Osmosis (SWRO) atau penerapan teknologi air siap minum (Arsinum) di pulau Barang Caddi yang diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Seatan Nurdin Abdullah didampingi Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, di pulau Barang Caddi, kecamatan Sangkarrang, Senin (23/12).

Alat itu mampu mengolah dan menghasilkan air baku siap minum tanpa dimasak dengan memanfaatkan teknologi sea water reverse osmosis kerja sama Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga pulau Barang Caddi.

Baca juga:  Tingkatkan Taraf Hidup Warga Pulau, Pj Walikota Makassar Kunjungi Pulau Lae-lae

“Terima kasih pak Gubernur dan pak Deputi BPPT atas bantuan hibah teknologi SWRO kepada warga pulau Barang Caddi. Mudah – mudahan bisa digunakan selama mungkin dan dapat dijaga dengan sebaik baiknya,” ucapnya.

Menurur Iqbal bukan hanya Barang Caddi yang dapat menikmati Arsinum ini, melainkan dapat dimanfaatkan oleh warga yang menetap di kecamatan Kepulauan Sangkarrang untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Data terakhir 7,6 persen warga masyarakat telah mendapatkan air bersih namun dengan adanya penglohan air laut atau air asin setelah diolah dengan sistem teknologi SWRO dapat langsung diminum dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan akan air bersih bagi warga pulau di sekitarnya,” jelasnya.

Baca juga:  Andi Bukti: Pelayanan Perizinan Makassar "One Stop Service"

Teknologi Arsinum BPPT ini dapat menghasilkan air siap minum sebesar 5.000 liter per hari, atau setara untuk mencukupi kebutuhan air minum 2.500 orang (sehari 2 liter per orang untuk minum). Arsinum ini menggunakan teknologi mutakhir sistem penyaringan dengan membrane reverse osmosis (RO) dilengkapi sterilisasi ultraviolet.

Deputi Kepala Bidang Teknologi SDA BPPT Yudi Anantasena mengatakan, teknologi Arsinum ini mampu memenuhi seluruh kebutuhan air bersih masyarakat pulau Barang Caddi beserta pulau – pulau di sekitarnya. Saat ini, warga Sulsel bisa menikmati dua fasilitas Arsinum dari BPPT.

Example 300250