Opini

Big Data Analysis Sosial Media: Ahok-Djarot unggul di Social Media

×

Big Data Analysis Sosial Media: Ahok-Djarot unggul di Social Media

Sebarkan artikel ini
Big Data Analysis Sosial Media: Ahok-Djarot unggul di Social Media

25 hari jelang hari H pencoblosan di Pilkada DKI 2017 berbagai lembaga survey telah merilis hasil survey yang mereka lakukan. Walaupun hasil dari beberapa lembaga survey berbeda tetapi metoda yang mereka gunakan sama yakni Multi Stage Random Sampling.

Sebagai second opinion rasanya tidak salah jika melihat hasil analisis dengan metoda yang berbeda dari sekian banyak metoda sampling yang dilakukan oleh lembaga survey kebanyakan.

Indexpolitica dengan platform Big Data Analysis meresume pembicaraan social media mengenai Pilkada DKI. Big Data Analysis adalah metoda kuantitatif yang mengabungkan antara data dan analisis pembicaraan social media secara realtime sehingga didapat reaksi yang tepat pada waktu yang tepat dan tempat yang tepat. Metode ini biasanya digunakan yang digunakan untuk pengambilan keputusan dengan informasi kuantitatif yang terintegasi dari data sangat besar.

Baca juga:  MENAKAR KONSEP "MERDEKA BELAJAR" ( Bag.3 )

Data dari Indexpolitica sampai dengan 21 Januari 2017 Share Of Voice [; Banyaknya Pembicaraan] Pasangan Pilkada DKI 2017 adalah Ahok – Djarot 41.36%, Anies – Sandi 30.19%, Agus – Silvy 28.45% seperti pada grafik berikut :

Gambar 1: Share Of Voice

Persaingan di social media cukup ketat, masing masing pasangan kandidat bergantian mendominasi issue di social media, seperti terlihat dari index daily buzz grafik berikut :

 

Gambar 2: Index Daily Buzz

Untuk sentiment Analytic Pasangan Anies – Sandi masih paling baik dengan Net Sentimen 30.65 dan Net Reputation Score 9.33. Setimen Pembicaraan Pasangan Ahok – Djarot perlahan mulai positif padahal selama Desember 2016 sentimen dan reputasi pembicaraan Ahok – Djarot paling negatif. Sebaliknya sentiment dan reputasi Agus – Silvy yang selalu positif di desember 2016 memasuki januri 2017 cenderung turun. Grafik indek sentiment analytic pasangan kandidat bisa dilihat di grafik berikut.

Baca juga:  ASPEKSINDO Menguatkan Visi Kemaritiman Jokowi-JK
Gambar 3: Sentimen Analytic

Sentimen ini dipengaruhi oleh issue yang dibicarakan di Sosial Media. Sentimen Ahok Djarot perlahan naik karena issue sidang penistaan agama perlahan berkurang dibicarakan. Sedangkan issue korupsi Silvy cawagub pasangan no 1 setidaknya berpengaruh terhadap turunnya sentiment pasangan Agus – Silvy. Untuk Anies – Sandi belum ada issue negative yang dapat mempengaruhi sentiment pasangan ini.

Gambar 4: Word Cloud

Sekali lagi data ini bukan survey konvensional seperti yang dilakukan oleh lembaga survey lainnya melainkan analisis pembicaraan media seputar pembicaraan Pilkada DKI 2017. Harapan kita semua adalah supaya DKI mendapatkan Pemimpin yang terbaik.

Oleh : Denny Charter
Direktur Eksekutif Indexpolitica
(www.indexpolitica.com)
Mobile : 081290536325

 

 

 

Example 300250