Nasional

Fadli Zon Harap Pemerintah Lebih Gencar Cari Alternatif Pembiayaan Infrastruktur

×

Fadli Zon Harap Pemerintah Lebih Gencar Cari Alternatif Pembiayaan Infrastruktur

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Beritaini.com – Pemerintah perlu mengupayakan berbagai inovasi dalam rangka mencari alternatif pembiayaan infrastruktur. Pasalnya, pengalokasian anggaran hanya dari APBN tentu tidak memadai untuk melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, di Jakarta, Rabu, menyatakan, alternatif terhadap pembiayaan pembangunan infrastruktur perlu lebih gencar dilakukan.

Fadli menambahkan, maka ketergantungan anggaran infrastruktur dari APBN dapat berkurang sehingga dana yang ada dapat dialokasikan untuk program lain, yang juga mampu meningkatkan konsumsi maupun produksi.

Politisi Partai Gerindra itu juga berpendapat, pemerintah mesti mampu menentukan prioritas untuk mengetahui pembangunan infrastruktur yang lebih mampu dalam menggerakkan aktivitas perekonomian nasional.

Kebijakan pemerintah yang fokus kepada pengembangan infrastruktur nusantara perlu disosialisasikan dengan baik karena hal tersebut efektif guna mendorong pertumbuhan perekonomian di Tanah Air.

Baca juga:  Insiden Pemukulan Jurnalis Warnai Aksi 112, Kapolda Metro: Akan Lakukan Penyidikan

“Di dunia mana pun mengapresiasi langkah membangun infrastruktur karena mendorong ekonomi,” kata anggota Komisi III DPR, Taufiqulhadi.

Menurut dia, dengan sosialsasi yang baik terkait fokus infrastruktur, maka kebijakan pemerintah tersebut dinilai juga bakal lebih dipahami oleh masyarakat.

Politisi Nasdem itu berpendapat, saat ini masih ada warga masyarakat yang berpikir jangka pendek yaitu hanya melihat tinggi atau mahalnya anggaran infrastruktur.

Untuk itu, ia menegaskan bahwa komunikasi untuk pembangunan infrastruktur sangat penting karena hasilnya tidak untuk saat ini tetapi juga untuk jangka panjang.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menerapkan lima strategi untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia agar layanan dan daya saing sektor ini terus meningkat.

Baca juga:  Pemerintah Pakai Dana Haji untuk Biayai Infrastruktur

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, kelima strategi itu adalah kerangka hukum dan perundangan yang kondusif, inovasi pembiayaan dan pendanaan pembangunan infrastruktur, kepemimpinan yang kuat, koordinasi antar lembaga yang solid, dan juga penerapan hasil penelitian dan teknologi terbaru.(**)

 

 

Example 300250