AJINasional

Raih 90 Elektoral, Nany dan Bayu Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

×

Raih 90 Elektoral, Nany dan Bayu Terpilih Sebagai Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Sebarkan artikel ini

Aliansi JurnalisI Independen

Palembang, Beritaini.com – Pasangan jurnalis Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) periode 2024-2027 melalui Pemilu AJI 2024. Proses pemilihan ini merupakan bagian dari Kongres XII AJI di Palembang pada 3-5 Mei 2024.

Pasangan nomor urut 1 tersebut mendapatkan raihan elektoral tertinggi sebanyak 90 elektoral, mengungguli tiga pasangan lain yakni pasangan nomor urut 2, Aloysius Budi Kurniawan dan Iman Dwi Nugroho (42 elektoral); pasangan nomor urut 3, Ika Ningtyas dan Laban Abraham Laisila (48 elektoral); dan pasangan nomor urut 4, Edy Can dan Asep Saefullah (37 elektoral).

Ini merupakan kali pertama pemilihan ketua umum dan sekretaris jenderal AJI dilakukan secara daring melalui laman pemiluaji.or.id. Pemilihan ini memungkinkan seluruh anggota AJI menyalurkan secara langsung pilihan mereka.

Pemilu AJI 2024 dapat diikuti seluruh anggota AJI yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Setelah melalui verifikasi Panitia Pemilu AJI, terdapat total 1.568 pemilih dalam DPT. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.213 anggota AJI telah menggunakan hak pilihnya.

Baca juga:  Audiensi ke Dewan Pers, SMSI Bahas World Press Freedom Day dan Kampanye Pilkada Damai

Adapun penentuan pemenang Pemilu AJI dilakukan dengan sistem elektoral. Total terdapat 217 elektoral yang diperebutkan dari 39 AJI Kota di seluruh Indonesia.

Sistem elektoral ini merupakan sistem proporsionalitas suara dalam pengambilan keputusan pada Kongres AJI yang telah diberlakukan sejak tahun 2001. Pada pemilihan dalam kongres-kongres sebelumnya, perolehan elektoral pasangan calon ditentukan oleh delegasi AJI Kota yang hadir di arena Kongres AJI. Namun pada pemilihan dalam kongres kali ini, perolehan elektoral pasangan calon dihitung dengan mengkonversi perolehan suara keempat pasangan calon dari pemungutan suara yang diikuti 1.568 anggota di DPT dari 39 AJI Kota.

“Ini pertama kalinya setiap anggota AJI bisa secara langsung memilih ketua umum dan sekretaris jenderal. Hanya saja, penentuan pemenang pemilihan bukan dengan sistem suara terbanyak, melainkan dengan mengkonversi suara pemilih menjadi perolehan elektoral di setiap AJI Kota,” kata Yoso Muliawan, Ketua Panitia Pemilu AJI.

Baca juga:  Idul Adha 20 Juli, Sidang Isbat Kemenag Tetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 11 Juli 2021

Nany Afrida dan Bayu Wardhana terpilih menggantikan Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode 2021-2024.

Kongres AJI adalah forum pengambilan keputus tertinggi AJI, dan digelar setiap tiga tahun sekali untuk membahas Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Rangga, Kode Etik, dan Garis Besar Haluan Program. Kongres XII AJI pada 2024 digelar di Palembang, Sumatera Selatan, mengusung tema “Melindungi Kebebasan Pers Demi Keadilan Iklim dan Demokrasi. Tema itu sesuai dua tantangan utama yang dihadapi jurnalis di seluruh dunia yakni memburuknya krisis iklim dan demokrasi yang menyebabkan meningkatnya represi terhadap kebebasan pers.

Kongres XII AJI dihadiri sekitar 300 anggota AJI dari seluruh Indonesia. Informasi mengenai rangkaian kongres dapat dibaca melalui laman www.kongres12aji.com.(*)

Example 300250