DPU Makassar

Jumat Agung UPTD PAL, Sosialisasi Penyedotan Tangki Septik Individual

×

Jumat Agung UPTD PAL, Sosialisasi Penyedotan Tangki Septik Individual

Sebarkan artikel ini

beritaini.com, Makassar – Meskipun hari ini Jum’at, 14 April 2017 merupakan hari libur Nasional, namun tidak bagi Dinas PU Kota Makassar. Ada saja aktivitas yang mereka lakukan bagi masyarakat demi pelayanan yang prima dan suksesnya program Kota Makassar dua kali tambah baik.

Sosialisasi yang digelar Dinas PU Kota Makassar, dalam hal ini UPTD PAL (Pengelolaan Air Limbah) bertajuk “Pembinaan Penyedotan Tangki Septik Individual” di Kelurahan Maccini Parang mendapat perhatian bagi warga sekitar dengan banyaknya animo masyarakat mengikuti sosialisasi.

Lurah Maccini Parang, Haris, nampak hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara serta menyampaikan maksud dan tujuan UPTD PAL mengadakan kegiatan ini.

Bertindak sebagai narasumber yakni Faisrul Bandu.SE dan dimoderatori oleh Ronal Anwar, SE serta Erwin Indrajit.B, Sp sebagai notulen.

Baca juga:  Trend Terpapar Covid di Sulbar Belum Landai, Shalat Jumat Belum Bisa di Masjid

Dalam sosialisasi menyoal pengelolaan limbah membahas materi penyedotan tangki septic dan disandingkan dengan layanan lumpur tinja terjadwal serta sistem pelayanan UPTD PAL Kota Makassar.

Peserta sosialisasi menanggapi positif dan sangat antusias kegiatan tersebut, sejumlah peserta nampak menanggapi dengan beberapa pertanyaan ataupun pernyataan masukan.


Pertanyaan yang mencul seputar sosialisasi berupa, bagaimana mengenai tangki septic SNI serta pembuatannya, berapa biaya pergantian bak SNI. Pertanyaan yang agak menggelikan dari peserta, apakah bak saya bermasalah atau tidak karena pada saat disedot  baknya kosong.

Tak ketinggalan salah seorang dari Ketua RW setempat mengimbuhkan saran, “kalau bisa UPTD PAL dan Dinas Tata Ruang saling koordinasi untuk mengeluarkan izin bangunan jika septic tank suatu bangunan tidak ber-SNI,” imbuh Ketua RW 2 Kel. Maccini Parang.

Baca juga:  Begini Dukungan Satgas Lampu Jalan PU Bagi Aktivitas Ibadah Ramadhan di Manggala

Di akhir sesi kegiatan ini, menyimpulkan bahwa demi kelangsungan kesehatan dan kelestarian lingkungan, kita harus melakukan transformasi pola pikir untuk melakukan pembenahan terutamma septic tank SNI guna meminimalisir efek pencemaran tanah dan air baku tanah.(**)

 

UPTD PAL/Humas PU Kota Makassar

 

 

 

Example 300250