"Oh Pulo Karampuang", Judul Lagu Penerima Anugerah Maestro Kelong Mamuju

Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi (tengah) dan Penerima Anugerah Maestro Kelong Mamuju

Mamuju, Beritaini.com - Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, menyerahkan Anugerah Maestro Pencipta Kelong Mamuju kepada tujuh pencipta lagu yang telah mendedikasikan diri melestarikan kearifan lokal melalui karya seni, pada Malam Apresiasi Pencipta Kelong Mamuju di Kawasan Rumah Adat, Nal Cafe, Sabtu 10 Juli 2021.

Sutinah menyebutkan, penganugerahan adalah bentuk penghargaan yang tinggi atas karya para seniman daerah yang telah mendedikasikan dirinya dalam melestarikan kearifan lokal melalui karya seni, olehnya ia sangat mengapresiasi atas inisiasi kegiatan tersebut. Bahkan Sutinah berjanji, akan terus memberikan perhatian terhadap kemajuan seni dan budaya di bumi manakarra.

Sutinah juga mengatakan, telah menerbitkan Surat keputusan (SK) atas pemberian penghargaan pada para maestro seni, dan dokumentasi diri berupa foto para seniman tersebut akan diabadikan di museum daerah.

Baca juga:  Prajurit Kodim 1418 Mamuju dan Damkar Berjibaku Padamkan Amukan Si Jago Merah

Mewakili mendiang Almarhum Maradika (Raja) Mamuju, H Andi Maksum Dai, yang juga menerima penghargaan sebagai pencipta lagu "Oh Pulo Karampuang".

PYM Bau Akram Dai, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju dan pencetus kegiatan. Ia menilai penganugerahan adalah apresiasi yang sangat besar dalam mengenang jasa-jasa pencipta lagu Mamuju dan berharap momentum hari ulang tahun Mamuju tahun ini akan terus memacu generasi muda lebih kreatif agar tidak kalah dari para pendahulu.

Andi Saiful Rauf, selaku inisiator kegiatan mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan berangkat dari keprihatinan. Karena banyak generasi saat ini yang tidak paham lagu - lagu daerah, terutama lagu daerah Mamuju.

"Jangankan generasi sekarang, generasi sebelum saya pun masih banyak yang buta lagu mamuju, jadi kita menyelenggarakan kegiatan ini untuk mengapresiasi para pencipta lagu daerah dan nantinya foto-foto pecipta lagu akan dipajang di museum mamuju agar kita bisa mengenang beliau," ucap Andin Saiful Rauf.

Baca juga:  Hari Pertama Salurkan 3 Ribu Sembako, Sutinah Sasar Pemukiman Ekonomi Lemah

“Saya berharap pemuda saat ini banyak-banyak berkarya karena pemerintah sudah mendukung dan memberikan ruang, jadi apa lagi yang harus ditunggu. Marilah berkarya dan berkreasi,” bebernya.

Berikut nama tujuh Maestro Pencipta Kelong Mamuju yang menerima anugerah dan judul lagu ciptaannya;

1. H Andi Maksum Dai - 'Oh Pulo Karampuang'

2. Alipahuddin - 'O Mamuju'

3. Burhanuddin - 'Mobau'

4. M Arifinarsyad - 'Manakarra Makkarama'

5. Ahmadzul - 'Lemba Tapalang'

6. Eistamabitte - 'Baranaq Sitandiq Tandiq'

7. H Abd Mutalib Kampil - 'Indo Pembolongan'

(*)

banner 454x122