KesehatanMamuju

Pemkab Mamuju Siapkan Rumah Singgah Kelahiran di Puskesmas

×

Pemkab Mamuju Siapkan Rumah Singgah Kelahiran di Puskesmas

Sebarkan artikel ini

Rumah Singgah Kelahiran di Mamuju

Mamuju, Beritaini.com – Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan rumah tunggu kelahiran di 23 puskesmas yang ada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Mamuju, Dewi Sundari mengatakan, rumah tunggu kelahiran itu dibangun untuk membantu warga yang rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan.

“Ibu hamil dan pendamping bisa menggunakan fasilitas tersebut, sebab layanan itu disediakan secara cuma-cuma alias gratis,” ungkap Dewi

“Ini antisipasi bagi warga kurang mampu. Biasanya mereka tidak punya kendaraan, tidak punya uang untuk biaya di sana, dan rumahnya jauh, sehingga pemerintah kabupaten Mamuju membuat rumah tunggu kelahiran itu,” ujar Dewi Sundari, Kamis 11 Mei 2023.

Baca juga:  Penerapan Prokes dan AKB di Lingkungan Polresta Mamuju Diharapkan Mengedukasi Masyarakat

Dewi melanjutkan, sejumlah fasilitas penunjang disiapkan di rumah tunggu tersebut. Diantaranya tempat tidur, toilet dan kamar mandi, serta dapur. Mereka pun akan dilayani oleh petugas kesehatan selama di sana.

“Makan mereka pun ditanggung selama mereka tinggal di rumah tunggu kelahiran itu,” katanya.

Saat ini, tambah Dewi, semua puskesmas di Kabupaten Mamuju sudah memiliki rumah tunggu kelahiran tersebut. Olehnya, dia meminta warga memanfaatkan fasilitas itu agar bisa melalui proses persalinan dengan aman dan nyaman.

“Karena semua gratis, semua ditanggung puskesmas,” tandas Dewi Sundari.(*)

Example 300250