Sukseskan Imunisasi Anak Nasional, Unicef-Dinkes Sulbar Gandeng AJI Mandar

Mamuju, Beritaini.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Kesehatan didukung oleh United Nations Internasional Children (Unicef) Indonesia melakukan sosialisasi pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) dengan menggandeng (Aliansi Jurnalis Independen) AJI Mandar dan awak media di salah satu Warkop Mamuju, Sabtu 16 Juli 2022.

dr Evawati, M.Kes, Konsultan Unicef perwakilan Sulawesi Barat mengungkapkan pentingnya menggalakkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk mengejar target bebas Polio, Campak-Rubella di tahun 2026.

"Ini bukan vaksin baru seperti vaksin covid, hampir semua anak di Sulbar sudah mendapatkan vaksin ini," kata Eva.

"Kami biasanya mendapatkan di Puskesmas orang tua menolak, padahal ini bukan vaksin baru, vaksin ini telah anak-anak dapatkan pada usia 9 bulan, hanya saja di usia 9 tahun hingga 12 tahun diberikan vaksin pelengkap," tutur Eva yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Majene.

Baca juga:  Bupati Mamuju Terima Piagam UHC dari BPJS Kesehatan

Pada kesempatan yang sama, dr Hj Indahwati Nursyamsi, M.Kes mengemukakan, sosialisasi pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) belum masif, sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jadwal pelaksanaan imunisasi untuk anak usia sekolah yakni usia 9 tahun hingga 12 tahun.

"Kita bisa meminimalisir efek samping vaksin dengan sarapan pagi dulu. Jadi anak-anak kalau mau divaksin, sarapan pagi dulu, kemudian tidak stres, tidur cukup," ujar Indah Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat merilis capaian vaksinasi BIAN pertanggal 15 Juli 2022. Untuk vaksinasi Campak-Rubella menyasar 334.102 telah divaksin 36,6 %, Imunisasi Kejar OPV menyasar 31.215 telah divaksin 4,3%, Imunisasi Kejar IPV menyasar 54.438 telah divaksin 1,9%, dan Imunisasi Kejar DPT-HB-Hib menyasar 31.512 telah divaksin 5,4%.

Baca juga:  AJI Mandar Kecam Oknum Anggota Menteri ATR/BPN atas Kekerasan Terhadap Jurnalis

Dari enam kabupaten di Provinsi Sulbar, Mamuju terendah dalam capaian vaksin Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ini.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua AJI Mandar, Rahmat FA dan Koordinator Biro Mamuju AJI Mandar Anhar.(*)

banner 454x122