Sutinah Apresiasi Lembaga Mitra Dalam Membantu Percepatan Pemulihan Pasca Gempa

Mamuju, Beritaini.com - Bupati Mamuju Hj Sitti Sutinah Suhardi mengapresiasi atas kerja keras tanpa lelah yang dilakukan para relawan dari sejumlah lembaga mitra dalam membantu penanganan percepatan pemulihan kondisi pasca pencana gempa bumi di Mamuju,

Hal itu disampaikan Sutinah kepada kelompok kerja (Pokja) maupun yang melakukannya secara mandiri. Sutinah berharap dengan kerja keras tersebut kondisi daerah ini akan segera pulih dan dapat segera bangkit.

“Pemerintah Daerah Kabupaten pasti akan sangat mendukung kegiatan lembaga mitra, maupun semua relawan yang telah bekerja keras. Sekarang harapannya mudah-mudahan ini bisa berjalan dan bisa segera memulihkan kondisi yang terjadi di Mamuju," tukas Bupati perempuan itu.

Forum diskusi yang dihadiri Lembaga Mitra, NGO (Non-Governmental Organization), Sukarelawan, Organisasi Nasional maupun Lokal menyampaikan laporannya di Rumah jabatan Sapota sebagai kantor sementara Bupati Mamuju, Kamis 4 Maret 2021.

Baca juga:  Soal Kasus BBM, Kapolresta Mamuju: Pelaku Sudah Ditahan

Sutinah juga menyampaiakn kepada seluruh OPD pemkab Mamuju agar melakukan jemput bola dan membangun sinergi dengan semua lembaga mitra sehingga mereka tidak terkesan jalan sendiri melainkan ada pendampingan dan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Meski sejumlah lembaga mitra tersebut telah terbagi kedalam tujuh kelompok kerja (Pokja) namun Bupati Mamuju tetap membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk membantu dalam mempercepat pemulihan pasca bencana, karena menurutnya mungkin masih ada pihak yang belum teridentifikasi dan belum sempat tergabung dalam pokja tersebut.

Tujuh Pokja yang tergabung dalam lembaga mitra tersebut mempunyai spesifikasi bidang masing-masing sperti, Pokja pelibatan masyarakat, Pokja Pendidikan, Pokja shalter, Pokja Wash, Pokja kesehatan, Pokja Bantu dan Pokja pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis gender pemberdayaan perempuan/LDR perlindungan anak dan pisikososial.

Baca juga:  Kantongi Balon Wakil, Sutinah bersabar Tunggu Survey

Koordinator Satgas Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekontruksi Pemkab Mamuju dan Lembaga Mitra Hj Khatma Ahmad mengungkapkan, ketujuh Pokja tersebut akan dilakukan identifikasi, apa saja yang telah mereka kerjakan.

Hajrul Malik selaku Wakil Koordinator Satgas Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekontruksi Pemkab Mamuju dan Lembaga Mitra mengatakan, bahwa kondisi situasi pemulihan ini semua serba terbatas namun dengan adanya Satgas Pemulihan Lembaga Mitra dan Pemda ini sangat meringankan Pemerintah Daerah, karena penanganannya ditargetkan dapat menjadi model nasional, maka pemkab Mamuju harus inovatif dalam penanganan bencana,

“ Jadi bukan lembaga saja yang berada di masyarakat tapi Pemda juga hadir dengan cara memberikan dukungan support, baik berupa dukungan regulasi maupun dukungan kebijakan,” kunci Hajrul.(*)

banner 454x122