Tak Sekedar Cantik Menarik, Wisata Enrekang Juga Aman dan Antisipatif Bencana

Enrekang, Beritaini.com -- Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang menggelar pelatihan mitigasi bencana destinasi wisata di Villa Bambapuang.

Kegiatan yang dimulai dari Senin - Rabu, 15 - 17 November 2021 tersebut dihadiri 42 orang. Mereka merupakan utusan dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis), Pengelolah objek wisata dan lembaga atau organisasi yang berafiliasi dengan wisata.

Wakil Bupati, Asman yang membuka pelatihan tersebut. Asman memaparkan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola wisata dan desa wisata dalam melakukan mitigasi bencana.

" Kita terus dorong sektor wisata ini. Jika sektor ini dikelolah dengan baik maka menjadi sumber PAD yang sangat tinggi. Bahkan sektor ini mampu mengalahkan sektor pertambangan. Intinya, sektor wisata ini mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Asman.

Baca juga:  Masa Reses Rusdin Tabi Gelar Sosialisasi Produk Hukum Sul-Sel

Hal yang menarik dari pengelolaan wisata ini adalah kecendrungan masyarakat saat ini lebih banyak kembali ke alam, mencari suasana alam dan sebagainya. Tidak hanya itu, sektor wisata ini juga bisa diintegrasikan dengan potensi lain seperti potensi pertanian.

Untuk memaksimalkan pelatihan mitagasi bencana tersebut, pihak Dispopar Kabupaten Enrekang mengundang pemateri dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Enrekang.

Kepala Bidang Pamasaran Pariwisata, Andi Zulkarnain mengatakan bahwa pelatihan mitigasi bencana sangat penting dalam pengelolaan wisata karena berkaitan langsung dengan objek dan daya tarik wisata serta berpengaruh pada pengunjung atau wisatawan.

Lebih lanjut, Zul sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pengelolaan wisata tidak hanya berbicara pada destinasi, daya tarik, produk wisata, usaha wisata namun yang tidak kalah penting juga keamanan lokasi.

Baca juga:  Hadiri Pelantikan DPRD, Muslimin Harap Genjot Kinerja

"Pelatihan ini adalah paket atau rangkai semua item yang dibutuhkan dalam pengelolaan wisata. Ini sangat penting untuk diketahui para pengelola wisata," tutur Zul.

banner 454x122