PolmanSulawesi Barat

1530 Tukik Dilepasliarkan Warnai Festival Penyu di Pantai Mampie

×

1530 Tukik Dilepasliarkan Warnai Festival Penyu di Pantai Mampie

Sebarkan artikel ini

Sahabat Penyu

Polman, Beritaini.com – Sebanyak 1530 tukik dilepasliarkan selama Festival Penyu berlangsung di kawasan Rumah Penyu Mampie. Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Sulawesi Barat.

Festival Penyu merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Sahabat Penyu sebagai ajang kampanye lingkungan dan promosi wisata berkelanjutan di Kabupaten Polewali Mandar, khususnya di Pantai Mampie.

Muhammad Yusri, yang akrab disapa Yusri Mampie, merupakan founder Sahabat Penyu. Dalam keterangannya, Yusri menyatakan bahwa 1530 tukik atau bayi penyu telah dilepasliarkan selama Festival Penyu.

“Ada sekitar 1530 tukik yang kita lepasliarkan selama Festival Penyu berlangsung. Namun, proses pelepasannya ini tidak sekaligus melainkan secara bertahap setiap hari selama festival ini berlangsung,” ujar Yusri yang diterima media ini, Sabtu 22 Juni 2024.

Baca juga:  Deklarasi RZWP3K, Dasar Integrasi RT-RW Provinsi Sulbar

“Alasan kami proses pelepasannya secara bertahap lantaran ada banyak pengunjung Festival, tentunya anggota kami tidak mampu untuk mengontrol semuanya, jadi kami lepas secara bertahap demi keselamatan tukik menuju laut lepas,” terangnya.

Yusri juga menambahkan bahwa tukik yang dilepasliarkan merupakan hasil adopsi oleh TJSL PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, yang merupakan sponsor kegiatan sebanyak 1000 tukik, dan dari Sahabat Penyu sebanyak 530 tukik. Semua tukik ini berasal dari penangkaran Sahabat Penyu.

Risnawati, salah seorang pengunjung Festival Penyu asal Kota Makassar, mengaku sangat senang bisa hadir di Festival Penyu Mampie.

“Senang sekali bisa hadir di event yang keren ini menurut saya. Dan alhamdulillah, saya berkesempatan melepaskan anak penyu bersama pengunjung lainnya,” kata Risnawati.

Baca juga:  Ketua DPRD Sulbar Monitoring Program Marasa di Desa Lampoko Polman

Festival Penyu di Pantai Mampie ini tidak hanya menjadi ajang pelepasan tukik, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi dan kesadaran akan pentingnya pelestarian penyu dan ekosistem laut. Event ini diharapkan dapat terus menjadi daya tarik wisatawan dan mendorong kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat.(Ys/*)

Example 300250