Opini

ASPEKSINDO Menguatkan Visi Kemaritiman Jokowi-JK

×

ASPEKSINDO Menguatkan Visi Kemaritiman Jokowi-JK

Sebarkan artikel ini

Oleh: Andi Fajar Asti*

 

Dalam menyusun kepengurusan, Asosiasi Pemerintah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) akan terbagi berdasarkan wilayah geografis Indonesia yaitu wilayah Barat, Tengah dan Timur.

Dengan demikian kepengurusan aspeksindo akan lebih proporsional dan komprehensif melihat keindonesiaan untuk saling menguatkan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Hadirnya Aspeksindo memberi dukungan yang kuat bagi pemerintah pusat untuk fokus pada pembangunan kawasan kepulauan, pesisir dan perbatasan. Karena melalui Aspeksindo, gagasan kemaritiman akan lebih mudah diejawantahkan karena antar daerah yang struktur geografisnya mirip akan terkoneksi dan mudah menjalin komunikasi.

Adapun persiapan deklarasi Aspeksindo ini memunculkan nama-nama pemerintah daerah yang siap memimpin organisasi ini adalah Bupati Selayar Basli Ali, Bupati Morotai Benny Laos dan Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah.

Baca juga:  Tabayyun Ditengah Kebebasan Pers

Namun dari ketiga nama tersebut tidak menutup kemungkinan munculnya kandidat lain. Hal ini di buktikan dengan banyaknya konfirmasi pemerintah daerah untuk hadir di acara tersebut.

Saya berharap kedepan anggota Aspeksindo ini menjadi pilar yang menguatkan pemerintahan Indonesia diantara negara-negara anggota Indian Ocean Rim Asosiation (IORA) yang juga punya visi kemaritiman.

 

(*): Ketum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI)
Inisiator Kongres Nasional Maritim (Konasmi)

 

 

Editor: Yayat Nur

 

 

 

Example 300250