Bangun Kemitraan Mamuju-Bontang Prioritas Transportasi Laut

Foto bersama Bupati Mamuju dan Walikota Bontang usai audiensi

Bontang, Beritaini.com - Letak geografis yang saling berdekatan antara Kota Bontang dan Kabupaten Mamuju membuka potensi kerjasama yang saling menguntungkan antar kedua daerah ini.

Bontang yang berada tidak jauh dari Ibu Kota Negara (IKN) dipastikan membutuhkan pasokan sejumlah komoditi yang berasal dari Mamuju.

Melalui kunjungan kerja pemerintah kabupaten mamuju yang diterima oleh Walikota Bontang, Sutinah Suhardi menyampaikan maksud untuk membangun kemitraan. Salah satu yang menjadi prioritas adalah membuka jalur transportasi laut Mamuju-Bontang, Senin 5 September 2022.

Kata Sutinah, jika jalur penyeberangan ini dapat dibuka maka pergerakan ekonomi akan mengikuti.

"Sebab warga mamuju akan lebih mudah menjual hasil bumi ke bontang dan demikian sebaliknya kota bontang akan lebih mudah menerima pasokan kebutuhan yang memang harus didatangkan dari luar daerah," jelas Sutinah.

Baca juga:  Komunitas Toraja Solid Dukung Tina-Ado, SDK: Jangan Ada Istilah Pendatang dan Pribumi

Bupati Mamuju berjanji, dalam waktu dekat pemerintah kabupaten mamuju bersama pemerintah kota bontang akan mendorong usulan tersebut kepada kementerian perhubungan.

Senada, Walikota Bontang, Basri Rase mengatakan, sangat banyak potensi kerjasama yang dapat dibangun bersama pemkab mamuju utamanya dalam pengembangan sektor ekonomi.

Ia mengakui berbagai komoditi masih didatangkan dari luar bontang, seperti beras, jagung, hewan ternak dan lainnya, disisi lain kabupaten mamuju adalah daerah yang memiliki potensi tersebut dan berada paling dekat dengan kalimantan, sehingga hubungan kemitraan sangat memungkinkan untuk dilakukan.

"Kerjasama ini sangat baik untuk kita kembangkan, tinggal bagaimana para kepala OPD dapat menerjemahkan keinginan saya bersama bupati mamuju," tandas Basri Rase.

Baca juga:  Habsi-Irwan Gagal, SDK: Partai Demokrat Tak Layak Mengusung Petahana

Dalam waktu dekat rencananya kedua daerah akan membangun kesepahaman dalam MOU untuk segera menindaklanjuti keinginan bersama tersebut.

Untuk diketahui, kunjungan kerja bupati ke Kota bontang didampingi ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi, Sekretaris daerah Suaib, serta beberapa kepala perangkat daerah terkait.(*)

banner 454x122