Cek Fakta

Cek Fakta: Majene Dilanda Gempa 6,7 SR

×

Cek Fakta: Majene Dilanda Gempa 6,7 SR

Sebarkan artikel ini

Cek Fakta

Beritaini.com – Sebuah akun media sosial Facebook mengapload video  dengan caption Gempa 6,7 SR Majene Sulawesi Barat. Video tersebut diunggah oleh akun bernama Yophie Rockstudio pada, Senin 8 April 2024, https://www.facebook.com/share/r/WrYyUoUHdWAuBDKm/?mibextid=oFDknk

Cek Fakta

Setelah melakukan penelusuran dari berbagai pihak terkait, tim cek fakta kami menemukan bahwa gempa 6,7 SR yang diupload oleh akun Yopie Rockstudio tersebut tidak benar.

Juru bicara Pemerintah Provinsi Sulbar, Mustari Mula, mengemukakan bahwa informasi gempa tersebut tidak benar alias hoaks.

Mustari yang juga Kepala Dinas Kominfo Sulbar mengungkapkan, beredarnya isu tersebut bisa memicu kepanikan warga. Pihaknya meminta masyarakat untuk tidak langsung mempercayai informasi tanpa mengecek kebenarannya kepada pihak yang berwenang untuk menyatakan status kebencanaan tersebut.

Baca juga:  Cek Fakta: Gerakan Shalat Tak Lazim dengan Imam Perempuan

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Majene melalui Kadis Kominfo SP. Majene dan kabar gempa itu tidak benar,” ujar Mustari.

“Saya juga mengajak masyarakat agar mari kita mengedukasi satu sama lain agar pemanfaatan media sosial untuk hal positif. Bukan dengan menyebar informasi yang sumbernya tidak jelas,” tegas Mustari Mula.

Rujukan:
https://berita.sulbarprov.go.id/index.php/kegiatan/item/6201-beredar-informasi-majene-diguncang-gempa-kadiskominfo-mustari-itu-hoaks

Example 300250