AdvertorialMamuju

Diinisiasi Warga, Sutinah Hadiri Tradisi Pesta Nelayan

×

Diinisiasi Warga, Sutinah Hadiri Tradisi Pesta Nelayan

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com – Setelah hampir tiga tahun vakum, tradisi pesta nelayan kembali digelar oleh komunitas Mammesa Tongang di Lingkungan Lembang Kelurahan Binanga Kecamatan Mamuju, Minggu 13 November 2022

72 perahu nelayan datang dari seluruh penjuru pantai Mamuju bersatu untuk melakukan kembali tradisi sebagai bentuk kesyukuran atas hasil laut yang mereka rasakan.

Lurah binanga, Firmansyah, yang juga terlibat langsung dalam pelaksanaan pesta nelayan yang menghadirkan bupati mamuju di wilayah kerjanya, mengaku inisiatif melakukan pesta nelayan timbul dari masyarakat nelayan sendiri.

Mewakili warganya dari komunitas nelayan, ia berharap tradisi pesta nelayan dapat dijadikan agenda tahunan yang masuk dalam kalender pemerintah daerah sekaligus dapat diarahkan menjadi objek wisata yang dapat menarik banyak wisatawan berkunjung ke Kabupaten Mamuju.

Baca juga:  PDIP Sulbar Berbagi Sembako Pada Warga Terdampak Covid-19

Bupati mamuju, Hj Sitti Sutinah Suhardi, mengaku secara pribadi dan atas nama pemerintah sangat mengapresiasi atas terlaksananya kembali pesta nelayan yang diinisiasi oleh warga secara bersama-sama. Ia menilai tradisi tersebut harus tetap dilestarikan dan dijaga sebab tradisi pesta nelayan adalah bentuk kebersamaan dan ajang silaturahmi yang sangat baik bagi semua masyarakat utamanya para nelayan.

Terkait dengan itu, ia juga menyampaikan komitmen pemerintah kabupaten mamuju untuk terus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pada sektor pertanian dan perikanan sebagai salah satu sektor unggulan.

Kata Sutinah Suhardi, berbagai langkah dan upaya telah dilakukan untuk memajukan sektor tersebut, bahkan melalui glontoran bantuan dengan nilai milyaran rupiah telah diprogramkan untuk membantu para petani dan nelayan.

Baca juga:  Begini Komitmen Dosen UNM dan KONI Pada Masyarakat di Mamuju

Khusus pada nelayan bantuan berupa perahu, mesin katinting sampai pada Rumpon dan peralatan penunjang sektor perikanan lainnya telah diberikan. Ia berharap atas bantuan tersebut dapat menjadi stimulasi terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan dalam upaya meningkatkan sektor kelautan.

Menutup ungkapannya di hadapan para nelayan, bupati menjanjikan akan kembali menyalurkan BLT di akhir tahun ini yang juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya.(*)

Example 300250