PolmanSulawesi Barat

IAI DDI Polman dan AJI Kota Mandar Teken MoU Bangun Karakter Jurnalis Muda dalam Dunia Mahasiswa

×

IAI DDI Polman dan AJI Kota Mandar Teken MoU Bangun Karakter Jurnalis Muda dalam Dunia Mahasiswa

Sebarkan artikel ini

IAI DDI Polman dan AJI Kota Mandar

Polman, Beritaini.com – Penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Fakultas Da’wah dan Komunikasi IAI DDI Polman dan AJI Kota Mandar untuk pengembangan kapasitas mahasiswa di bidang jurnalistik dan pendampingan lembaga pers mahasiswa yang akan dibentuk oleh Fakultas Da’wah dan Komunikasi IAI DDI Polman.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelatihan jurnalistik yang berlangsung tanggal 8 dan 9 Juni 2024 di Aula Ag KH Ambo Dalle Kampus IAI DDI Polman yang menghadirkan narasumber diantaranya Ketua AJI Mandar, Rahmat FA, Pewarta Metro TV, Arianto, Penulis Ridwan Alimuddin dan Himawan dari Kompas.com.

Adapun materi pelatihan jurnalistik yang diberikan antara lain, kode etik jurnalistik, teknik reportase, penulisan media cetak dan online serta teknik pengambilan foto dan video jurnalistik.

Wakil Rektor IAI DDI Polman, H Marzuki menjelaskan sangat mendukung program penandatanganan MoU ini, menurutnya program ini akan membentuk karakter mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam dunia jurnalistik.

“Kami dari unsur kampus, mewakili rektor, sangat berterimakasih kepada AJI dan panitia pada hal ini, untuk bisa mengadakan kegiatan pelatihan ini,” terang Marzuki saat memberi sambutannya, Sabtu 8 Juni 2024.

Baca juga:  Sekprov Sulbar Hadiri Rakor Pelaksanaan Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Pemilihan Serentak 2020

“Setelah pelatihan ini akan menciptakan mahasiswa yang memiliki¬† pengetahuan tentang jurnalistik,” harap Marzuki.

Dekan Fakultas Dakwah IAI DDI Polman, Abd Haris Nawawi mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik dan penandatanganan MoU.

“Kegiatan kita in sangat luarbiasa, pelatihan jurnalistik, Nabi Idrislah yang pertama kali perkenalkan dunia jurnalistik. Mudah mudahan kecerdasan Nabi Idris dapat tertular bagi kita semua,” ujar Abd Haris.

Ketua AJI Kota Mandar, Rahmat FA mengungkapkan bahwa mahasiswalah yang menjadi salah satu spirit AJI. Ia menambahkan terbentuknya AJI pada masa orde baru dimotori oleh mahasiswa, Rahmat juga menerangkan sejarah terbentuknya AJI Kota Mandar yang berdiri tahun 2009.

“Dengan adanya kegiatan ini, kia ingin melihat teman-teman DDI Polman menjadi jurnalis profesional. Mudah-mudahan setelah pelatihan ini, adik-adik bisa lebih mempromosikan kampus DDI Polman yang merupakan salah satu kampus terbesar di Sulbar,” tandas Rahmat dalam sambutannya.

Baca juga:  Media Workshop BPK Sulbar: Opini WTP Pemda se-Sulbar, Temuan Rp9,9 Milyar TA 2020

“Kenapa kemudian kita menggunakan Independen, karena memang kita harus independen dalam menjalankan kerja-kerja jurnalis,” imbuh Rahmat di hadapan peserta pelatihan jurnalis.

Ketua panitia Pelatihan Jurnalistik IAI DDI Polman, Ismail mengungkapkan antusias mahasiwa untuk mengikuti pelatihan ini cukup banyak, untuk itu ia membatasi peserta dalam pelatihan jurnalis di Kampus IAI DDI Polman.

“Peserta paling banyak dari mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, kami juga mengundang masing-masing 1 orang perwakilan setiap fakultas di IAI DDI Polman,” pungkas Ismail mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAI DDI Polman.

Selain Wakil Rektor II IAI DDI Polman dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAI DDI Polman, hadir pula Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Baharuddin dan aktivis perempuan AJI Kota Mandar serta dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Rahma.(*)

Example 300250