AdvertorialSulawesi Barat

Inflasi 2,25, Distapang Sulbar Rutin Gelar Pasar Murah

×

Inflasi 2,25, Distapang Sulbar Rutin Gelar Pasar Murah

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com – Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Pemprov Sulbar kembali melakukan Gerakan Pangan Murah atau pasar murah di Taman Karema Mamuju, 5-6 Februari 2024.

Kepala Distapang Pemprov Sulbar Abdul Waris Bestari mengatakan, pasar murah ini rutin dilaksanakan setiap pekan, dalam rangka pengendalian inflasi di daerah.

“Saat ini Inflasi Sulbar Januari 2024 di angka 2,25 persen. Ini berada di posisi delapan terbaik se Indonesia,” sebut Waris, Selasa 6 Februari 2024.

Waris menambahkan, penyumbang inflasi beras, cabai rawit, cabe merah, bawang merah dan ikan cakalang.

“Kenaikan sejumlah komoditas ini masih akibat dari fenomena El Nino. Dan ada beberapa padi ini terserang hama dan penyakit. Diharapkan panen Maret-April-Mei mudah-mudahan dapat menekan harga beras di Sulbar,” ungkapnya.

Baca juga:  Buka Hight Level Meeting, Pj Gubernur Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadhan

Untuk melakukan pengendalian inflasi, Sebagaimana arahan PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh agar Distapang tetap menjalankan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) dan Gerakan Pangan Murah. Apalagi tahun ini lokus untuk survei IHK oleh BPS berada di dua kabupaten sehingga dibutuhkan kerja keras.

“Harus bekerja lebih maksimal lagi dari sebelum-sebelumnya. Tantangan ke depan karena dua kabupaten, Mamuju dan Majene menjadi lokus IHK untuk survei BPS. Sehingga Pemprov Sulbar bekerjasama kabupaten dan stakeholder lainnya melakukan pasar murah di dua kabupaten tersebut,” pungkasnya.(*)

Example 300250