Nasional

Ini Harapan Walikota Makassar di ajang City Sanitation Summit dan Munas AKKOPSI

×

Ini Harapan Walikota Makassar di ajang City Sanitation Summit dan Munas AKKOPSI

Sebarkan artikel ini

Makassar, Beritaini.com – City Sanitation Summit (CSS) XVII digelar di Hotel Sheraton Makassar bersamaan dengan Munas III Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI).

Wali Kota Makassar Ir. Moh Ramdhan Pomanto memberi penyambutan kepada seluruh peserta yang sebagian besar merupakan bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, serta jajaran petinggi dari kementerian terkait.

Danny berharap kegiatan bergengsi tersebut bisa melahirkan sebuah rekomendasi yang diberi nama “Deklarasi Makassar” untuk membangun Indonesia ke depan.

Danny menambahkan, CSS perlu menyelesaikan banyak masalah, khususnya tentang otoritas. Misalnya, saat menerima laporan genangan di suatu tempat, akan sangat sulit diatasi sementara tempat penyebab genangan panjang itu rata-rata menjadi otoritas pemerintah pusat.

Baca juga:  Pemkot Makassar Terima Penghargaan "Role Model" Pelayanan Publik

Kanal otoritas pemerintah pusat, drainase primer otoritas pemerintah provinsi, sementara kota hanya kebagian sekundernya. “Persoalan otoritas saja jadi persoalan besar, maka saya berharap ada kesepakatan di antara kita, perlu aspirasi bersama misalnya kita minta (ke pusat) pengelolaan drainase itu diberikan ke kota,” ucap Danny, Selasa (12/12).

Menurut Danny, sanitasi menjadi persoalan semua daerah, termasuk di Makassar, yang memulai membenahi dengan membentuk satgas-satgas drainase di lorong-lorong.

“Saat ini sitem sanitasi kita diuji, tapi alhamdulillah di Makassar, kalau pun ada genangan tidak lebih dari satu atau dua jam. Karena itu kita dapat Sanipura Award dari AKKOPSI, kami akan pertahankan itu,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Diah Indrajati, Direktur Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgiyanti, Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua AKKOPSI HM Rizal Efendi, Direktur Pengembangan Pengelolaan Lingkungan Pemukiman Kementerian PUPR Dodi Krispatmadi, dan Tim Manager Urban Sanitation Development Program (USDP).

Baca juga:  Jembatan Holtekamp Jayapura Akan Diresmikan Presiden, Tito Harap Jadi Kebanggaan Papua

 

 

Example 300250