PolmanSulawesi Barat

Menko PMK Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan dan ITBM Polman Telah Daftarkan Jaminan Ketenagakerjaan Bagi Dosen, Staf dan Mahasiswa KKN

×

Menko PMK Apresiasi BPJS Ketenagakerjaan dan ITBM Polman Telah Daftarkan Jaminan Ketenagakerjaan Bagi Dosen, Staf dan Mahasiswa KKN

Sebarkan artikel ini

Polman, Beritaini.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, Nursahdi Saleh, Kamis 14 September 2023

Penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini dirangkaikan dalam kegiatan Peresmian Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) bertempat di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar (ITBM Polman).

Muhajir didampingi Pj Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Polewali Mandar, Melania Theresia Mokalu, serta seluruh civitas akademik ITBM Polman, dosen, mahasiswa dan staf.

Menko PMK, mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan dan ITBM Polman karena telah mendaftarkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh tenaga pendidik dan staf, serta seluruh mahasiswa KKNnya.

“Semoga hal ini membuat para dosen dan karyawan di ITBM Polman bekerja dengan semangat, karena sudah ada kepastian masa depannya karena sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” tandas Muhajir.

Baca juga:  Petugas PPS di Mamasa Meninggal Saat Bimtek Tungsura, BPJS Ketenagakerjaan Santuni Ahli Waris

Muhajir juga mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur Sulawesi Barat dan Bupati Polewali Mandar atas dukungannya pada implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah.

Menko PMK berharap agar semua masyarakat pekerja yang berada di wilayah Sulawesi Barat mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, karena ini merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkan perlindungan sosial.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Polewali Mandar, Melania Theresia Mokalu, juga menyampaikan laporan kepada Menko PMK bahwa semua perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Polewali Mandar sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Semua pekerja berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan agar terlindungi dari resiko sosial ekonomi yang mungkin terjadi, adapun manfaat yang kami berikan di antaranya pengobatan tanpa batas biaya jika terjadi kecelakaan kerja, bantuan beasiswa untuk 2 orang anak dari TK sampai Perguruan Tinggi maksimal Rp174 juta, santunan cacat total tetap sebesar 56 kali upah yang dilaporkan, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan meninggal dunia Rp 42 juta, dan bantuan finansial ketika peserta mengalami PHK,” terang Melania.

Baca juga:  Genap 45 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

Di tempat berbeda, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat Akhmad Hidayat  menyampaikan  bahwa dengan adanya kegiatan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah yang diharapkan dapat membantu seluruh tenaga pendidik dan staf, serta seluruh mahasiswa KKN yang ada di ITBM Polman agar dapat optimal dalam melaksanakan aktivitas pekerjaannya dan tentunya tidak khawatir saat bekerja.

“Banyak tenaga pendidik atau keluarganya yang telah merasakan manfaat program tersebut. Dan terkhusus seluruh tenaga pendidik dan staf yang ada di ITBM Polman yang telah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, mereka akan lebih tenang dan bersemangat dalam mendidik, sehingga akan melahirkan generasi yang lebih baik,” jelas Akhmad Hidayat.(*)

Example 300250