Pelaku UMKM Mamuju dan Milenial Mendapat Pelatihan Membuat Sabun Ramah Lingkungan

Foto: Antara

Mamuju, Beritaini.com - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan milenial di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat mendapatkan pelatihan membuat sabun ramah lingkungan, Minggu 5 Juni 2022.

Ketua Sahabat Sandiuno Sulbar Ahmad Riskan di Mamuju mengatakan, pelatihan yang dilaksankan di Pantai Malauwa Kabupaten Mamuju bertujuan agar masyarakat bisa menciptakan sebuah inovasi baru, sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan pendapatan bagi para pelaku UMKM dan milenial.

Pelatihan bisa menjadi sumber penghidupan, sumber pendapatan dan sumber penghasilan bagi para pelaku UMKM untuk pengembangan usaha mereka," ujar Ahmad Riskan.

Selain menjadi sumber penghasilan, pelatihan itu juga, kata Ahmad, untuk pengembangan diri bagi para pelaku UMKM dan milenial di Mamuju.

Baca juga:  Kunjungi 'Rumah Merah Putih Art', Sutinah Bupati Berdayakan UMKM

Para pelaku UMKM dan milenial menurut Ahmad, diharapkan dapat mengkolaborasikan ilmu yang didapat sehingga produk yang dihasilkan dapat dipasarkan.

"Pelatihan ini untuk pengembangan kepada diri sendiri dan pengembangan produk kita. Bagaimana kita bisa menjual produk kalau kita tidak tahu perkembangan ke depannya. Jadi kita tidak asal jual, tapi kita tahu cara pemesarannya," terang Ahmad.

Sementara salah seorang pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan Diana Siska mengatakan, sangat terbantu dengan pelatihan yang digelar tersebut.

Melalui pelatihan itu, kata Diana, masyarakat khususnya para pelaku UMKM dan milenial dapat mengembangkan potensi diri.

"Sangat membantu, khususnya bagi saya pribadi. Melalui pelathan ini, kita bisa melatih potensi diri," pungkas Diana.

Baca juga:  Deklarasi Penerbitan SK Kemenkumham Akhiri Dualisme Kepemimpinan di Tubuh GMNI

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta menyampaikan dukungannya kepada Sandiaga Uno untuk maju calon presiden di 2024.

"Kami optimis, pak Sandiaga Uno bisa mengubah perekonomian masyarakat sehingga kami menyampaikan aspirasi mendukung beliau maju pada Pemilihan Presiden 2024," tuturnya.

"Kami sebagai pelaku UMKM berharap, pelatihan seperti ini terus dilakukan agar masyarakat dapat mengembangkan potensi ekonomi melalui UMKM," jelas Diana.(*)

Antara

banner 454x122