AdvertorialMamujuSulawesi Barat

Zudan Minta Agar DPM-PTSP Sulbar Rangkul UMKM Kolaborasi

×

Zudan Minta Agar DPM-PTSP Sulbar Rangkul UMKM Kolaborasi

Sebarkan artikel ini

Mamuju, Beritaini.com —Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulbar melakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan dengan sejumlah Usaha Besar dan UMKM, dalam Forum Fasilitasi Kemitraan UMKM Dengan Usaha Besar, di Maleo Waterpark, Rabu 14 Juni 2023.

Sebanyak 3 usaha besar dan 21 UMKM hadir dan melakukan penandatanganan kesepakatan kemitraan, disaksikan Pj Gubernur Sulbar, Prof.Zudan Arif Fakrulloh.

Pj Gubernur mengapresiasi DPMPTSP Sulbar bersama sejumlah OPD lainnya yang terus membangun kolaborasi dengan pelaku usaha.

“Terima kasih atas kolaborasi. Era kedepan tidak bisa kita menyandarkan pada kompetisi, melainkan sinergi akan melahirkan energi. Kompetisi akan menggerus energi,” kata Zudan.

Zudan meminta agar DPMPTSP Sulbar terus merangkul UMKM sebanyak-banyaknya dan melakukan penguatan kolaborasi antara UMKM di Sulbar, baik dalam melakukan branding dan memasarkan produk lokal.

Baca juga:  Ratusan Emak-emak Sambut Kedatangan AHY di Mamuju

“Jangan merasa teman UMKM adalah kompetitor, melainkan teman dalam berbisnis,” ujar Zudan.

Sekretaris BNPP itu menjelaskan, tiga hal menjadi keterbatasan pelaku usaha, yakni teknologi, permodalan dan jaringan pemasaran. Ketiga batasan ini dapat secara bertahap dibenahi dengan cara kolaborasi.

“Mudah-mudahan kolaborasi ini teknologinya bertahap, kemudian produksi lebih cepat, tanpa bahan pengawet tapi bisa awet. Kemudian jaringan pemasaran. Bagaimana nanti melalui Disperindag bersama usaha besar membuat platform sehingga UMKM bisa meletakkan dagangannya melalui platform itu,” kata mantan Dirjen Dukcapil itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Habibi Azis, menyampaikan Forum tersebut bertujuan mempertemukan UMKM dalam mewujudkan kemitraan dan memperluas jaringan UMKM, menguatkan peran UMKM, meningkatkan wawasan terkait kemudahan berusaha di Sulbar, dan mencari solusi atas kendala pelaku usaha dalam membangun kemitraan.

Baca juga:  Tekan Inflasi Lakukan Hal-hal Riil dan Perkuat Kolaborasi

“Ini langkah awal kami membangun kolaborasi membangun kemitraan dengan pelaku usaha dalam mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Sulbar,” pungkasnya.(*)

Example 300250