Nasional

Poltracking: Agus Menarik Dan Ganteng

×

Poltracking: Agus Menarik Dan Ganteng

Sebarkan artikel ini

beritaini.com, Jakarta – Survei terbaru elektabilitas tiga kandidat di Pilkada DKI Jakarta 2017 oleh Lembaga riset Poltracking Indonesia merilis salah satu aspek yang digunakan adalah penilaian terhadap kualitas personal, mulai dari kepribadian dan sifat kepemimpinan ketiga calon gubernur.

Masing-masing calon gubernur punyai karakter yang berbeda dibandingkan yang lain. Seperti calon nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono yang unggul dalam aspek fisik. Responden menilai Agus calon yang menarik dan ganteng.

“Karakter yang menarik dari Agus Harimurti Yudhoyono adalah menarik dan ganteng sebanyak 80 persen,” kata Direktur Eksekutif dan Riset Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di Jakarta Pusat, Kamis.

Dari aspek tersebut, Agus mengungguli Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang hanya mendapat 66 persen dan Anies Baswedan yang memperoleh 76 persen.

Selain aspek fisik, survei juga mengukur karakter calon berdasarkan aspek pintar dan keluasan wawasan, perhatian pada rakyat, jujur dan bersih dari korupsi, mampu memimpin Jakarta, tegas dan berwibawa, serta ramah dan santun.

Ahok sebagai calon petahana, unggul dalam dua aspek yakni dalam hal tegas dan berwibawa serta mampu memimpin Jakarta. Dari aspek tegas dan berwibawa, Ahok memperoleh 78 persen, unggul dibanding Agus yang mendapat 69 persen serta Anies yang meraih 65 persen.

Baca juga:  Wakil Presiden Resmikan Retina dan Glaukoma Center

Sementara itu, dalam hal mampu memimpin Jakarta, Ahok mendapatkan persentase 63 persen, diikuti Anies di urutan kedua dengan 56 persen, dan Agus yang hanya 51 persen.

“Yang paling menonjol dari Basuki Tjahaja Purnama alias Pak Ahok adalah tegas dan berwibawa sebanyak 78 persen,” ujar Hanta.

Sedangkan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan unggul di tiga aspek, yakni ramah dan santun, perhatian pada rakyat, serta pintar dan berwawasan luas. Dari aspek ramah dan santun, Anies mendapat 79 persen, diikuti Agus 72 persen dan Ahok di urutan buncit dengan 43 persen.

Anies juga unggul dalam aspek perhatian pada rakyat dengan persentase 63 persen. Posisi kedua diduduki Ahok dengan 61 persen dan Agus di urutan paling buncit dengan 43 persen.

Begitu pula halnya dengan aspek calon yang memiliki wawasan dan kepintaran. Dari survei tersebut, Anies dianggap calon paling pintar dengan 82 persen, disusul Ahok 79 persen dan Agus yamg hanya mendapat 71 persen.

Baca juga:  Soal KTP-el, Dirjen Dukcapil Tertawa Geli Baca Data KPU yang Berubah-ubah

“Adapun karakter paling menonjol dari Anies Baswedan adalah pintar dan berwawasan dengan 82 persen,” ujar Hanta.

Di sisi lain, Anies dan Ahok berimbang dalam aspek calon gubernur yang jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi. Keduanya mendapat 56 persen suara. Sedangkan Agus hanya mendapat 47 persen.

Survei Poltracking dilakukan dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 800 orang dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari survei yang dilakukan pada 9-13 Januari 2017 tersebut, elektabilitas pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh persentase 30,25 persen atau naik 2,33 persen dari survei sebelumnya pada November 2016.

Sementara itu, pasangan petahana Ahok-Djarot mendapat 28,88 persen atau naik cukup signifikan dari survei sebelumnya. Sedangkan, elektabilitas Anies-Sandi berada di urutan buncit dengan 28,63 persen atau naik signifikan sebanyak 8,21 persen dari sebelumnya, demikian rilis CNN hari ini.

Pada survei Poltracking kali ini, undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihannya berada di angka 12,4 persen.(mdi)

Example 300250