United Tractors akuisisi Tambang Emas di Tapanuli

Jakarta, Beritaini.com - PT United Tractors Tbk (Perseroan) sebagai salah satu distributor alat berat memutuskan untuk mengakuisisi tambang emas. Hal tersebut dilakulan guna melengkapi portofolio bisnisnya di bidang alat berat, kontraktor penambangan, konsesi tambang, industri konstruksi dan energi.

Akuisisi dilakukan perseroan melalui anak perusahaannya, PT Danusa Tambang Nusantara, pada tanggal 4 Desember 2018. Perseroan mengambil alih 95% kepemilikan atas PT Agincourt Resources, perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral emas di Sumatera Utara, dengan nilai akuisisi sekitar US$1 miliar.

Setelah transaksi ini, sebanyak 95% saham PT Agincourt Resources dimiliki oleh PT Danusa Tambang Nusantara, sementara 5% saham sisanya dimiliki oleh pemerintah daerah, atas nama PT Artha Nugraha Agung.

Baca juga:  Gubernur Sulbar Buka Festival Ekonomi Keuangan Digital Bank Indonesia

“Akuisisi terhadap PT Agincourt Resources merupakan bagian dari usaha diversifikasi dan ekspansi strategis Perseroan untuk menambah portofolio investasi di bidang mineral lainnya termasuk emas. Diharapkan ke depan Perseroan memiliki portofolio yang semakin berimbang dan dapat menghasilkan sustainable earning contribution dalam jangka panjang,” kata Presiden Direktur PT United Tractors Tbk, Gidion Hasan, dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (5/12).

PT Agincourt Resources mengoperasikan tambang emas Martabe yang berlokasi di daerah Tapanuli Utara Provinsi Sumatra Utara. Konstruksi tambang emas Martabe dimulai sejak tahun 2008 dan produksi dimulai di tahun 2012. Per Desember 2017, sumber daya mineral Tambang Emas Martabe adalah 8,8 juta ons emas dengan estimasi cadangan emas sebesar 4,7 juta ons. Di tahun 2017, Tambang Emas Martabe menjual sekitar 352.000 ons emas.

banner 454x122