Cek Fakta

Cek Fakta: Gerakan Shalat Tak Lazim dengan Imam Perempuan

×

Cek Fakta: Gerakan Shalat Tak Lazim dengan Imam Perempuan

Sebarkan artikel ini

Cek Fakta

Beritaini.com – Beredar sebuah vidio dengan durasi panjang 51 detik, yang menampilkan adegan sekelompok orang sedang melaksanakan shalat beredar di grup-grup WhatsApp mulai pagi hingga siang, Selasa 05 Maret 2024.

Hal yang nampak tidak lazim pada sholat jamaah tersebut yang bercampur pria dan wanita dalam shaf yang sama dan yang lebih tak lazim adalah pemimpin shalat atau imam seorang perempuan.

Video tersebut dibubuhi judul “AL – ZAYTUN BELUM USAI, KINI MUNCUL LAGI PONPES SESAT PENGHAPUS DOSA HALALKAN ZINA” dengan narasi “Ditengah kontroversi ajaran sesat di Pondok Pesanteren Al Zaytun Indramayu, kini muncul lagi kontroversi baru. Yakni Ponpes Al Kafiyah, Belum diketahui lokasi persis pondok pesanteren ini”

Baca juga:  Cek Fakta: Vidio Kehancuran Kota di Gaza Beredar, Ini Faktanya

Video ini disebar dengan caption yang bertuliskan “alau anda punya grup lagi Viralkan di grup masing-masing biar cepet ditangkap.. ini sdh sangat meresahkan dan sangat berbahaya”

Tim Cek Fakta kami melakukan penelusuran sumber video tersebut, dengan menggunakan reverse image search dan juga google lens, maka tim menemukan penjelasan sumber persebaran vidio tersebut, baik di Youtube maupun melalui link berita online lokal dan nasional.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran tim di atas, video yang beredar merupakan video yang dibuat di Ponpes Al Kafiyah dan diperuntukkan hanya untuk kepentingan konten belaka yang di buat pada bulan Juli 2023 lalu, bahkan Polisi di Polres Langkat, Sumatera Utara saat itu, sudah melakukan penanganan upaya hukum, karena video tersebut menimbulkan keresahan di masyarakat.

Baca juga:  Cek Fakta: Majene Dilanda Gempa 6,7 SR

Tim CekFakta menyimpulkan bahwa video yang tersebar di sejumlah group WhatsApp merupakan vidio berulang di sebar untuk membuat keresahaan, sebab video tersebut adalah vidio lama, kasusnya sudah ditangani polisi.

Untuk itu, kepada khalayak, kiranya berhenti menyebar video tersebut karena mengandung unsur hoax.

Rujukan

https://enamplus.liputan6.com/news/read/5331462/video-viral-wanita-imami-salat-di-ponpes-al-kafiyah

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230702125307-12-968509/polisi-turun-tangan-buntut-salat-diimami-wanita-di-ponpes-al-kafiyah

 

Example 300250