RPJMD Mamuju 2021-2026, Wujudkan Daerah yang Beradab dengan Pendekatan Agama dan Budaya

Mamuju, Beritaini.com - Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mamuju Tahun 2021-2026,  dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad  Idris dan Bupati Mamuju Sutinah Suhardi di Rujab Bupati Mamuju, Jumat 16 April 2021.

Sutinah Suhardi, menyampaikan terimah kasih dan apresiasi kepada semua pihak karena proses perencanaan pembangunan telah memasuki tahap konsultasi publik rancangan awal RPJMD Kabupaten Mamuju Tahun 2021-2026.

Bupati perempuan pertama di Sulbar ini juga mengharapkan agar perencanaan pembangunan benar-benar terkoneksi dari hulu ke hilir serta terintegrasi antar semua sektor, sehingga RPJMD dapat dilaksanakan tepat sasaran

Orientasi pembangunan menurut jebolan Magister Ilmu Pemerintahan ini adalah pengejawantahan program sebagai penjabaran visi misi 'Mamuju Keren' antara lain, mewujudkan tatakelolah pemerintahan yang baik, meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan lingkungan hidup, mewujudkan aksebilitas dan kualitas bidang pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial. Serta mewujudkan daerah yang beradab dengan mengedepankan pendekatan agama dan budaya, serta mewujudkan daya saing ekonomi daerah berbasis inovasi dan potensi lokal.

Baca juga:  Sutinah Total dan Disiplin Menuju Panggung Pilkada Mamuju

“Lakukanlah perencanaan dengan baik, karena hari esok adalah milik orang-orang yang merencanakan hidup hari ini," tegas Sutinah.

Muhammad Idris, dalam kesempatan yang sama menyampaikan mengenai  tugas pemerintahan, yaitu mengakomodasi berbagai kepentingan, seperti pemberdayaan perempuan.

"Hal ini yang paling banyak muncul, karena generasi muda perlu diberdayakan, perempuan mau diberdayakan, kelompok-kelompok aktivitas mau diberdayakan. Semua ini perlu diantisipasi," ungkap Idris, mantan Deputi LAN RI.

Fungsi pelayanan menurut Idris merupakan hal yang paling berat, pasalnya pelayanan semakin hari semakin bertambah seiring kebutuhan sehari-hari semakin meningkat.

banner 454x122