Cek Fakta

Cek Fakta: Ketua KPU Hampir Menangis Membatalkan Pengumuman Hasil Pemilu Karena Alasan Tak Jelas

×

Cek Fakta: Ketua KPU Hampir Menangis Membatalkan Pengumuman Hasil Pemilu Karena Alasan Tak Jelas

Sebarkan artikel ini

Cek Fakta

Mamuju, Beritaini.com –  Beredar sebuah vidio pendek di sejumlah group WhatsApp warga Sulbar, dengan caption “Ketua KPU Hampir Menangis Membatalkan Pengumuman Hasil Pemilu Karena Alasan Tak Jelas”. Vidio tersebut mulai beredar luas di WhatsApp sejak Kamis 21 Maret 2024, dinihari tadi.

Vidio dengan durasi panjang 01:15 menampilkan tayangan, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari terlihat sedang membacakan sebuah surat keputusan hasil pemilu 2024, namun di detik 19 tampak Ketua KPU menghentikan pembacaan surat keputusan, hingga berakhirnya menit 01:13 Ketua KPU kemudian menyampaikan kita koreksi sebentar.

Vidio itu diikuti narasi tambahan “Ada apa kpu..? kenapa berhenti, kenapa anda seperti menangis takut? apakah anda sudah membayangkan akan makar Allah,azab Allah swt? ingat..! andai keputusan mu ikut dalam kecurangan, tunggu azab Allah swt.seperti nya ada tekanan dan ancaman HEBAT dari REZHIM PENGUASA untuk memaksakan mengumumkan KEMENANGAN PALSU dari PASLON.02-untuk mengumumkan KEMENANGAN.PALSU..INSAALAH tinggal tunggu AZAB ALLAH yang HEBAT untuk MENUNGGU nya..bagi orang orang yang MUNKAR&DHOLIM”

Baca juga:  Cek Fakta: Caleg Gantung Diri di Ciwidey Habis 1 Miliar

Untuk itu tim CekFakta kami, melakukan penelusuran pada sumber sumber terbuka di internet, dengan memasukan kata kunci di kolom pencarian Google “Ketua KPU RI Hentikan Pembacaan” dan tim kami menemukan sejumlah link baik link Youtube maupun link berita online baik nasional maupun daerah, yang identik dengan pencarian tim CekFakta.

Hasilnya, benar bahwa Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menghentikan pembacaan Surat Keputusan pada rapat pleno pengumuman hasil Pemilu 2024. Hanya saja tidak sesuai dengan klaim dalam vidio yang beredar bahwa penghentian tersebut berbuah pembatalan hasil pemilu.

Berdasarkan penelusuran tim CekFakta kami, vidio tersebut adalah vidio proses pengumuman hasil pemilu yang sempat di skors pelaksanaannya karena untuk merapikan naskah yang dibacakan oleh Ketua KPU RI dalam rapat pleno.

Baca juga:  Cek Fakta: Ribut Tentara Cina dan TNI

Kesimpulan:

Olehanya berdasarkan fakta yang ditemukan oleh tim CekFakta kami, vidio yang beredar luas di group WA masyarakat Sulbar adalah SALAH, sebab vidio tersebut bukan pengumuman pembatalan hasil pemilu, tapi vidio tersebut telah dipotong, merupakan satu kesatuan dari vidio terkait pengumuman hasil pemilu yang berlangsung Rabu (20/03) hanya saja sempat di skors untuk perbaikan kekeliruan naskah yang dibacakan oleh Ketua KPU.

Rujukan vidio yang menyertakan fakta skor sidang pleno tersebut dapat di lihat dan dibaca pada sejumlah link berikut :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240320213728-617-1076909/kpu-mendadak-skors-penetapan-pilpres-2024-ada-koreksi-penting

https://disway.id/read/771183/kpu-sempat-menghentikan-rapat-selama-30-menit-jelang-penetapan-hasil-pemilu

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240321083239-617-1077012/momen-suara-ketua-kpu-bergetar-saat-bacakan-pemenang-pilpres-2024

(Ftr)

Example 300250